Pengertian Dan Klarifikasi Biosfer

Secara etimologi biosfer ialah campuran dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer ialah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Biosfer mencakup lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut saling diberinteraksi dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi.

Setiap jenis makhluk hidup mempunyai tempat masing-masing di biosfer untuk tetap hidup sesuai dengan caranya. Tempat hidup itu disebut habitat, yaitu tempat hidup suatu organisme. Tempat hidup dengan unsur- unsurnya beserta makhluk hidup yang tinggal di suatu daerah secara keseluruhan akan membentuk sistem kehidupan yang disebut ekosistem. Sistem kehidupan di biosfer yang sebesar bumi secara umum dibagi menjadi ekosistem daratan (terrestrial ecosystem), ekosistem maritim (marine ecosystem), dan ekosistem air tawar (fresh water ecosystem).

 yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan Pengertian dan Penjelasan Biosfer
misal kehidupan ekosistem padang rumput di Benua Afrika.

Makhluk hidup atau organisme mempunyai tingkat organisasi yang berkisar dari tingkat yang paling sederhana (protoplasma) ke tingkat organisasi yang paling kompleks (biosfer). Tingkat organisasi dari bawah ke atas, semakin kompleks.
 yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan Pengertian dan Penjelasan Biosfer
Tingkat organisasi makhluk hidup

Berikut ini klarifikasi masing-masing tingkat organisasi yang ada pada gambar diatas :
  1. Protoplasma adalah zat hidup dalam sel dan terdiri atas senyawa organik yang kompleks menyerupai lemak, protein, dan sejenisnya.
  2. Sel ialah satuan dasar suatu organisme dan terdiri atas protoplasma dan inti yang terkandung dalam membran.
  3. Jaenteng adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama, contohnya jaenteng otot.
  4. Organ ialah bab dari suatu organisme yang mempunyai fungsi tertentu, contohnya kaki atau indera pendengaran pada binatang dan manusia, daun atau akar pada tumbuhan.
  5. Sistem organ adalah kolaborasi antara struktural dan fungsional yang harmonis, contohnya kolaborasi antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan.
  6. Organisme ialah suatu benda hidup, atau makhluk hidup.
  7. Populasi ialah kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu. Misalnya, populasi insan di Jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi rino di Ujung Kulon.
  8. Komunitas ialah tiruana populasi dari aneka macam jenis yang menempati suatu daerah tertentu. Pada daerah tersebut tiap populasi saling diberinteraksi. Misalnya, populasi harimau diberinteraksi dengan populasi gajah di Sumatra Selatan, populasi ikan emas diberinteraksi dengan populasi ikan mujaer di kolam.
  9. Ekosistem ialah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem ialah kekerabatan timbal balik yang kompleks antara organisme dan lingkungannya baik yang hidup maupun tak hidup (tanah, air, udara), yang secara bersama- sama membentuk suatu sistem ekologi. Misalnya, ekosistem hutan mangrove di Segara Anakan atau ekosistem air tawar di danau Toba.
Demikianlah bahan ihwal Biosfer ini saya sampaikan. biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Klarifikasi Biosfer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel