Macam-Macam Tulang Dan Strukturnya

Tulang-tulang penyusun badan dibedakan menurut hal-hal diberikut.

1. Jenis Tulang

a. Tulang Rawan (Kartilago)

Jika Anda meraba permukaan hidung dan telinga, maka Anda akan mencicipi permukaan yang lentur. Itulah teladan tulang rawan. Tulang rawan sanggup ditemukan pada embrio, anak-anak, dan orang dewasa. Tulang rawan pada embrio dan bawah umur berasal dari sel-sel mesenkim. Pada embrio, bab dalam tulang rawan berongga dan meliputi sel-sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas.

Tulang rawan pada bawah umur lebih banyak mengandung sel-sel tulang rawan daripada matriksnya. Kondisi ini berkebalikan dengan tulang rawan pada orang remaja yang justru lebih banyak mengandung matriks. Tulang rawan pada orang remaja terbentuk dari selaput rawan yang disebut perikondrium, yang banyak mengandung matriks.

Tulang rawan pada orang remaja terbentuk dari selaput rawan yang disebut perikondrium, yang banyak mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan yang disebut kondrioblas. Tulang rawan ini sanggup dijumpai pada bab tubuh, di antaranya pada ujung tulang persendian, taju pedang, cincing batang tenggorok, daun telinga, antara tulang rusuk, antara ruas tulang belakang, dan lain-lain.

b. Tulang Sejati (Osteon)

Untuk mengetahui tulang sejati, coba peganglah pergelangan tangan Anda, lalu tekanlah! Anda akan menemukan sebuah tulang yang keras. Itulah salah satu teladan tulang sejati. Tulang sejati bersifat keras dan matriksnya banyak mengandung kalsium dan fosfat. Matriks tulang juga banyak Sumsum mengandung zat perekat. Di dalamnya terdapat jaenteng-jaenteng menyerupai masukang lebah yang sangat keras dan kuat, pada bab tengah tulang terdapat sumsum tulang yang bertugas membuat sel darah merah dan sel darah putih.

Struktur tulang sanggup Anda lihat pada Gambar diberikut!

 penyusun badan dibedakan menurut hal Macam-macam Tulang dan Strukturnya
Struktur tulang

Setiap satuan sel tulang disebut dengan sistem Havers. Sistem Havers ini melingkari pembuluh darah dan saraf.

2. Matriks Tulang

Berdasarkan matriks penyusunnya, tulang dibedakan menjadi dua, yaitu tulang kompak dan tulang spons.

a. Tulang Kompak

Tulang kompak mempunyai matriks yang padat dan rapat, contohnya terdapat pada tulang pipa. Struktur tulang kompak sanggup dilihat pada Gambar diberikut!

 penyusun badan dibedakan menurut hal Macam-macam Tulang dan Strukturnya
Jaenteng tulang kompak


b. Tulang Spons

Tulang spons mempunyai matriks yang berongga. Misalnya, terdapat pada tulang pipih dan pendek. Perhatikan struktur tulang spon pada Gambar diberikut!

 penyusun badan dibedakan menurut hal Macam-macam Tulang dan Strukturnya
Jaenteng tulang spons

3. Bentuk Tulang

Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

a. Tulang Pipa

Tulang pipa berbentuk lingkaran panjang. Tulang pipa dijumpai pada anggota gerak. Setiap tulang pipa terdiri atas bab batang dan dua bab ujung. Tulang pipa bekerja sebagai alat ungkit dari badan dan memungkinkan adanya pergerakan. Di bab tengah terdapat rongga besar yang meliputi sumsum kuning dan banyak mengandung zat lemak. misal tulang pipa yaitu tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang telapak tangan, dan tulang betis.

Bagian-bagian dari tulang pipa, antara lain sebagai diberikut.
  1. Epifisis, yaitu kedua ujung tulang.
  2. Diafisis, yaitu bab tengah tulang
  3. Cakraepifisis, yaitu sambungan epifisis dan diafisis.
  4. Tulang rawan tempat sendi.
  5. Kanalis medularis, yaitu rongga memanjang di dalam diafisis yang diisi oleh sumsum tulang kuning.
  6. Periosteum, yaitu selaput yang menyelimuti bab luar tulang. Periosteum mengandung osteoblas (sel pembentuk jaenteng tulang), jaenteng ikat, dan pembuluh darah. Periosteum ialah tempat melekatnya otot diafisis otot skeleton ke tulang dan berperan dalam nutrisi, pertumbuhan dan reparasi tulang ru- suk.

Agar pemahaman Anda tencakraepifisis tang struktur dan bentuk tulang epifisis pipa lebih jelas, perhatikan Gambar diberikut!

 penyusun badan dibedakan menurut hal Macam-macam Tulang dan Strukturnya
Tulang pipa

b. Tulang Pipih

Tulang pipih berbentuk pipih dan lebar. Tulang pipih terdiri atas dua lapisan jaenteng tulang keras dan di tengahnya berupa lapisan tulang menyerupai bunga karang (spons) yang di dalamnya meliputi sumsum merah sebagai tempat pemben-tukan sel- sel darah. Tulang-tulang pipih berperan dalam melindungi organ tubuh. Tulang pipih terdapat pada tulang tengkorak, belikat, rusuk, dan tulang wajah.

c. Tulang Pendek


Tulang pendek berbentuk lingkaran dan berukuran pendek, tidak beraturan, contohnya terdapat pada tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan, dan telapak kaki. Tulang pendek diselubungi jaenteng padat tipis. Tulang pendek sebagian besar terbuat dari jaenteng tulang jarang alasannya yaitu diharapkan sifat yang enteng dan kuat. Karena kuatnya, maka tulang pendek bisa mendukung bab badan menyerupai terdapat pada tulang pergelangan tangan.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Tulang Dan Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel