Kromosom, Bagian, Unit Dasar Dan Bentuknya

1. Bagian dari kromosom

Proses pengemasan DNA dan protein terjadi pada tahap profase. Proses yang terjadi ialah sebagai diberikut, Untai DNA dipintal dalam suatu protein histon, menjadi suatu unit yang disebut nukleosom. Nukleosom satu dengan yang lainnya bergabung membentuk benang yang lebih padat dan terpintal menjadi lipatan-lipatan yang disebut dengan solenoid. Solenoid satu dan yang lainnya bergabung dan lebih padat lagi membentik suatu benang yang disebut kromatin. Benang-benang halus kromatin memadat membentuk lengan kromatid. Lengan kromatid berpasangan membentuk kromosom.

 Proses pengemasan DNA dan protein terjadi pada tahap profase Kromosom, Bagian, Unit Dasar dan Bentuknya
Pengemasan DNA di dalam Kromosom

2. Unit Dasar Kromososm

Kromosom secara umum terdiri dari bagian-bagian sebagai diberikut:
  1. Kromonema (jamak: kromonemata), bab dari kromosom berupa pita bentuk spiral.
  2. Kromomer, ialah kromonema yang mempunyai penebalan-penebalan di beberapa tempat, dan beberapa akli juga menganggap sebagai nukleoprotein yang mengendap.
  3. Sentromer, bab yang memilih bentuk dari suatu kromosom .bekerja sebagaimana mestinya sebagai daerah berpegangnya benang plasma dari gelendong inti (“spindle”) pada tahap anafase pada pembelahan inti. Kromosom dari sebagian besar organisme spesialuntuk mempunyai sebuah sentromer saja, disebut kromosom monosentris. Jika mempunyai dua sentromer, disebut kromosom diasentris, sedangkan yang mempunyai banyak sentromer, disebut kromosom polisentris.
  4. Lekukan ke dua, sebagai daerah terbentuknya nukleolus (anak inti sel), disebut juga pengatur nukleolus (“nucleolar organizer”).
  5. Telomer, Bagian ujung kromosom yang berperan untuk menghalangi bersambungnya kromosom yang satu dengan yang lainnya. Satelit, tidak selalu ada pada setiap kromosom, ialah bab komplemen pada ujung kromosom. Kromosom yang mempunyai satelit disebut satelit kromosom.

3. Bentuk Kromosom

Bentuk kromosom menurut letak sentromernya terdapat,
  1. Metasentris, sentromer terletak pada tengah-tengah kromosom (median), sehingga membagi kromosom menjadi dua bab yang sama panjang dan mempunyai bentuk menyerupai karakter V.
  2. Submetasentris, sentromer terletak submedian (ke arah salah satu ujung kromosom), sehingga kromosom terbagi menjadi dua bab yang tidak sama panjang dan bentuknya menyerupai karakter J.
  3. Akrosentris, sentromer terletak terminal (di bersahabat ujung kromosom), sehingga kromosom tidak membengkok tetapi lurus menyerupai batang. Satu lengan kromosom sangat pendek, lengan yang lainnya sangat panjang.
  4. Telosentris, sentromer terletak di ujung kromosom, sehingga kromosom spesialuntuk mempunyai satu buah lengan dan berbentuk lurus menyerupai batang. Manusia tidak mempunyai bentuk kromosom telosentris.

 Proses pengemasan DNA dan protein terjadi pada tahap profase Kromosom, Bagian, Unit Dasar dan Bentuknya
Bagian-bagian kromosom


4. Tipe dan Jumlah Kromosom

Kromosom insan dibedakan menjadi dua tipe, yaitu
  1. Autosom, kromosom yang tidak ada hubungannya dengan penentuan jenis kelabuin. Dari 46 kromosom di dalam inti sel badan manusia, sebanyak 44 buah (22 pasang) ialah autosom.
  2. Gonosom, sepasang kromosom yang memilih jenis kelabuin. Gonosom dibedakan menjadi dua macam, yaitu kromosom-X dan kromosom-Y.

Formula kromosom insan adalah:
  • Untuk pria ialah 46, XY atau sanggup ditulis juga 44 + XY.
  • Untuk perempuan ialah 46, XX atau sanggup ditulis juga 44 + XX.


Demikianlah bahan wacana Kromosom ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Kromosom, Bagian, Unit Dasar Dan Bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel