Jenis-Jenis Tanaman (Flora) Di Perairan

Jenis-jenis tumbuhan di perairan antara lain sebagai diberikut.

1. Terumbu Karang (Coral Reefs)

Terumbu karang ialah pegunungan kalsium karbonat yang berada di bawah laut. Gunung ini terdiri atas karang, pasir karang, dan kerikil kapur padat. Terumbu tersebut menjadi dasar bagi komunitas kehidupan bahari yang dinamis dan beragam. Jenis terumbu karang antara lain terumbu karang pinggiran (fringing reefs), terumbu karang penghalang (barrier reefs), maupun atoll dan pseudo-atoll.
  1. Terumbu karang pinggiran (fringing reef), biasanya tumbuh dari pantai, dan melebar ke arah laut, seringkali mengikuti bentuk luar pulau. Terumbu jenis ini banyak terdapat di daerah Ke- pulauan Karibia.
     Terumbu karang ialah pegunungan kalsium karbonat yang berada di bawah bahari Jenis-jenis Tumbuhan (Flora) di Perairan
    Terumbu karang

  2. Karang penghalang (barrier reef) terbentuk dari bentangan pantai yang dangkal yang tidak mempunyai sungai atau faktor lain yang menghalangi pertumbuhan terumbu karang tersebut. Terumbu dan daratan dipisahkan oleh laguna dangkal. Laguna antara Great Barrier Reef dan pesisir timur bahari Australia lebarnya berkisar antara 16 dan 160 kilometer dan ialah karang penghalang terbesar di dunia.
  3. Karang atol tumbuh ialah koloni karang di puncak pegunungan api bawah bahari yang muncul dari dasar laut. Tumpukan karang itu makin meluas ke arah luar, bukan ke atas lantaran sebagian besar binatang karang harus hidup terendam air. Bentuknya menyerupai masakan ringan bagus donat yang mengikuti puncak pegunungan api. Oleh alasannya itu, atol yang terbentuk biasanya mempunyai laguna di tengahnya (kaldera pegunungan api). Bentuk karang menyerupai ini banyak dijumpai di Pasifik Selatan.

     Terumbu karang ialah pegunungan kalsium karbonat yang berada di bawah bahari Jenis-jenis Tumbuhan (Flora) di Perairan
    Atol banyak terdapat di Kepulauan Laut Pasifik

Luas terumbu karang di Indonesia diperkirakan sekitar 85.707 km2 , mencakup 50.223 km2 karang penghalang, 19.540 km2 terumbu karang atol, dan 15.944 karang pinggiran (tepi). Kawasan bahari sekitar Maluku dan Sulawesi ialah daerah terumbu karang yang paling banyak dan bermacam-macam di Indonesia, bahkan di dunia. Makin ke barat atau ke timur jumlah dan keguakaragaman jenis terumbu karang semakin berkurang.

2. Padang Lamun

Lamun ialah tumbuhan berbunga yang sudah menyesuaikan diri sepenuhnya di dalam laut. Tumbuhan ini bisa berfungsi normal dalam keadaan terbenam di air bahari yang asin, mempunyai sistem perakaran jangkar dan bisa mengadakan penyerbukan serta daur generatif dalam keadaan terbenam. Lamun sanggup tumbuh rindang terutama di daerah pasang surut dan perairan pantai yang dasarnya berupa lumpur, pasir, kerikil, dan patahan karang mati dengan kedalaman hingga 4 meter.


Dari 20 jenis lamun yang ada di perairan Asia Tenggara, 12 di antaranya dijumpai di perairan Indonesia. Padang lamun ialah habitat yang sangat penting bagi komunitas ikan, penyu hijau, dan dugong (duyung), lantaran tumbuhan di padang lamun ialah sumber makanannya.

Demikianlah materi perihal Jenis-jenis Tumbuhan (Flora) di Perairan ini saya sampaikan. supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Tanaman (Flora) Di Perairan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel