9 Manfaat Bahari Bagi Kehidupan

1. Di Bidang Perikanan

Di dalam bahari terdapat aneka macam jenis ikan yang jumlah sangat banyak. Secara geografis perairan yang kaya aneka macam jenis ikan antara lain tepian Laut Cina Selatan, tepian Samudra Pasifik, dan tepian samudra Hindia. Di Indonesia, bahari yang kaya akan ikan antara lain Laut Natuna, Laut Sulawesi hingga Papua, bahari di sebelah barat Pulau Sumatra hingga sebelah selatan Nusa Tenggara Timur.

2. Di Bidang Pertanian Laut

Di bidang pertanian bahari khususnya untuk budidaya rumput laut. Manfaat dari rumput bahari di antaranya, sebagai materi pembuat agar- supaya dan materi dasar kosmetika.

3. Sumber Mineral

Beberapa material bahari antara lain sebagai diberikut.
  1. Fosfat berasal dari tulang-belulang ikan dan kotoran burung pemakan ikan. Fosfat sanggup dimanfaatkan sebagai materi pupuk.
  2. Endapan metalik, ibarat timah dan bauksit.
  3. Garam, acara penambangan garam di Indonesia antara lain di pantai Pulau madura (Sumenep, Kalianget) serta di pantai Pulau Jawa (Rembang).
  4. Bahan baku obat-obatan, aneka macam materi kimia yang terkandung dalam biota bahari sanggup dipakai untuk materi baku obat-obatan.

4. Tempat Olahraga dan Wisata

Pemandangan bahari yang indah baik di pantai maupun di dalam bahari menarikdanunik perhatian, ibarat taman bahari Bunaken (Sulawesi Utara) dan terumbu-terumbu karang di Lombok. Laut juga yakni masukana untuk olahraga air ibarat menyelam, selancar air, dan berlayar, sehingga menarikdanunik menarikdanunik minat para wisatawan baik domestik maupun mancguagara.

 Di dalam bahari terdapat aneka macam jenis ikan yang jumlah sangat banyak 9 Manfaat Laut bagi Kehidupan
Manfaat bahari untuk wisata dasar laut


5. Sarana Transportasi

Laut yakni masukana kemudian lintas air yang murah, sebab hampir tidak dibutuhkan biaya pembuatan dan pemeliharaan. Melalui laut, majemuk hasil sanggup didistribusikan dari satu tempat ke tempat lain. Laut sanggup juga dijadikan masukana untuk menjalin kekerabatan timbal balik antara negara yang satu dengan negara yang lain.

6. Pengatur Iklim

Perbedaan sifat fisik bahari dan daratan sanggup mengakibatkan gerakan udara (angin). Bersama-sama angin uap air bahari terbawa dan sanggup menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilalui serta sanggup mengakibatkan turunnya hujan.

7. Alat Pertahanan dan Keamanan

Sejarah sudah pertanda bahwa penguasaan bahari sangat memilih pertahanan dan keamanan negara. Bagi negara kepulauan ibarat Indonesia, bahari sanggup dipakai untuk mengamankan dan mempertahankan keutuhan seluruh wilayah tanah air dari aneka macam bahaya yang hadir dari negara lain.

8. Sumber Bahan Tambang

Sumber materi tambang yang terdapat di bahari di antaranya minyak, gas bumi, endapan timah, dan bauksit. Di Indonesia terdapat sekitar 50 cekungan dasar bahari yang potensial menghasilkan minyak dan gas bumi.
 Di dalam bahari terdapat aneka macam jenis ikan yang jumlah sangat banyak 9 Manfaat Laut bagi Kehidupan
Pengeboran minyak di lepas pantai

9. Wahana Konservasi Alam

Laut memiliki sifat khusus untuk melindungi dan melestarikan lingkungan. Pemerintah Indonesia sudah melakukan pengembangan daerah konservasi bahari di Indonesia seluas 10 ribu ha pada tahun 2000.


Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Bahari Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel