6 Kelainan Atau Penyakit Pada Ginjal Manusia

Akibat faktor-faktor tertentu, proses ekskresi pada ginjal sanggup mengalami gangguan. Beberapa jenis gangguan yang terjadi pada sistem ekskresi pada ginjal yaitu sebagai diberikut.
  1. Diabetes Melitus
    Pada penderita ini, dalam urinnya mengandung gula. Mengapa terjadi demikian? Di dalam badan penderita diabetes melitus, terdapat kadar hormon insulin yang menurun. Masih ingatkah Anda apa fungsi hormon insulin?
    Akibat berkurangnya hormon insulin, maka darah akan banyak mengandung glukosa. Glukosa dalam darah yang berlebihan tidak tiruananya bisa direabsorbsi sehingga masih ikut bersama urine.
  2. Diabetes Insipidus
    Penyakit ini disebabkan lantaran jumlah ADH dalam badan seseorang menurun. Penderita penyakit ini akan sering membuang air kecil, bisa mencapai 20 - 30 kali lebih banyak dari orang sehat.
  3. Batu Ginjal
    Batuginjal terbentuk dari kalsium dan asam urat. Pemicu penyakit ini antara lain lantaran sedikit minum dan sering menahan kencing, sehingga zat tersebut akan mengendap. Selain itu, penyakit kerikil ginjal juga sanggup disebabkan akhir kelainan dalam metabolisme tubuh. Batu ginjal ini biasanya berada di dalam ginjal atau kandung kencing.
  4. Albuminuria
    Penyakit ini disebabkan akhir adanya kerusakan alat-alat filtrasi pada ginjal, sehingga urin masih mengandung senyawa albumin atau protein.
  5. Anuria
    Anuria ialah penyakit akhir adanya kerusakan pada glomerulus.
  6. Nefritis
    Penyakit nefritis disebabkan adanya infeksi basil tertentu pada glomerulus, kesannya glomerulus akan mengalami gangguan. Pada keadaan ini, filtrat banyak mengandung protein, sehingga urin masih mengandung protein. Selain itu, ureum yang seharusnya termembuang, akan masuk kembali ke dalam darah dan kesannya perembesan air terganggu. Akhirnya, air akan tertimbun pada kaki sehingga mengakibatkan kaki membengkak yang disebut edema.

Apabila terjadi kelainan pada ginjal yang mengakibatkan disfungsi ginjal atau gagal ginjal maka seseorang harus menjalani cangkok ginjal atau melaksanakan basuh darah untuk mengganti fungsi ginjal.

Untuk materi Biologi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!


Demikianlah bahan tantang 6 Kelainan atau Penyakit pada Ginjal Manusia ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "6 Kelainan Atau Penyakit Pada Ginjal Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel