5 Faktor Yang Mensugesti Frekuensi Pernapasan

Proses pandangan gres dan ekskresi berlangsung sebanyak 15 hingga dengan 18 kali setiap menit, tetapi frekuensi ini pada setiap orang tidak sama-beda, lantaran dipengaruhi oleh faktor-faktor diberikut.

1. Umur

Untuk mengetahui imbas umur terhadap frekuensi pernapasan, Anda sanggup membandingkan pernapasan antara orang bau tanah dengan anak- anak. Manakah frekuensi pernapasannya yang lebih banyak, orang bau tanah ataukah anak-anak? Lebih banyak pada anak-anak, bukan? Mengapa demikian? Hal ini disebabkan bawah umur masih dalam usia pertumbuhan sehingga banyak memerlukan energi. Oleh alasannya itu, kebutuhannya akan oksigen juga lebih banyak dibandingkan orang tua.

2. Jenis Kelamin

Coba Anda bandingkan imbas faktor ini pada kawan-kawan sekelas Anda. Lebih cepat mana frekuensi pernapasan antara pria dan perempuan? Mestinya frekuensi pernapasan pria lebih cepat daripada perempuan. Mengapa terjadi demikian? Ingat kembali klarifikasi di atas! Bahwa semakin banyak energi yang dibutuhkan, berarti semakin banyak pula O2 yang diambil dari udara. Hal ini terjadi lantaran pria umumnya beraktivitas lebih banyak daripada perempuan.

3. Suhu Tubuh

Jika dihubungkan dengan kebutuhan energi, ada hubungan antara pernapasan dengan suhu tubuh, ialah bahwa antara kebutuhan energi dengan suhu badan berbanding lurus. Artinya semakin tinggi suhu tubuh, maka kebutuhan energi semakin banyak pula sehingga kebutuhan O2 juga semakin banyak.

4. Posisi Tubuh

Posisi badan seseorang akan kuat terhadap kebutuhan energinya. Coba Anda bandingkan posisi antara orang yang berbaring dengan orang yang berdiri! Manakah yang lebih banyak frekuensi antara keduanya? Tentunya orang yang bangkit lebih banyak frekuensi pengambilan O2 lantaran otot yang berkontraksi lebih banyak sehingga memerlukan energi yang lebih banyak pula.

5. Kegiatan Tubuh


Untuk menandakan imbas faktor ini, Anda sanggup melaksanakan perbandingkan antara orang yang bekerja dengan orang yang tidak bekerja. Mana yang lebih banyak frekuensi bernapasnya? Jika diperhatikan, orang yang melaksanakan acara kerja membutuhkan energi. Berarti semakin berat kerjanya maka semakin banyak kebutuhan energinya, sehingga frekuensi pernapasannya semakin cepat.

Untuk materi Biologi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!


Demikianlah bahan tantang 5 Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Pernapasan ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "5 Faktor Yang Mensugesti Frekuensi Pernapasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel