13 Kelainan Atau Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

Begitu pentingnya peredaran darah dalam badan kita, sehingga kita perlu menjaga kesehatannya dan menghindari hal-hal yang sanggup menjadikan gangguan pada sistem peredaran darah. Beberapa gangguan yang perlu kita waspadai berkaitan dengan sistem peredaran darah ialah sebagai diberikut.

1. AIDS

Tahukah Anda ihwal penyakit AIDS? Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV AIDS, biasanya terjadi pada orang yang mempunyai gaya hidup berganti pasangan serta pengguna jarum suntik untuk obat-obatan terlarang. Sekitar 60% pengguna jarum suntik obat-obatan terlarang terinfeksi virus ini. Sebagian besar masyarakat kita menganggap penyakit AIDS ialah penyakit tabu lantaran biasanya yang menderita penyakit ini ialah orang- orang yang mempunyai gaya hidup tidak baik menyerupai disebutkan di atas.

Masyarakat juga menganggap penyakit ini ialah penyakit yang sangat ganas dan tidak ada obatnya. Seseorang yang mengidap penyakit ini kalau terinfeksi penyakit walaupun enteng, penyakit tersebut praktis sekali menjadi parah. Tahukah Anda mengapa sanggup terjadi demikian? Kasus tersebut ialah sebagian kecil dari akhir rusaknya sel darah putih. Seseorang yang terkena penyakit yang merusak sel darah putih, berakibat ia tidak lagi mempunyai kekebalan tubuh. Jika seseorang tidak punya daya kebal dalam tubuhnya, maka ia praktis terinfeksi penyakit-penyakit lain. INI yang mengatakan fungsi utama dari sel darah putih, yaitu untuk kekebalan tubuh. Coba Anda sebutkan lagi kasus lain yang diakibatkan oleh rusaknya sel darah putih!

2. Leukimia/Kanker Darah

Pada penderita penyakit ini, sel darah putihnya aktif membelah dan tak terkendali, sehingga jumlahnya melebihi jumlah normal.

3. Anemia

Orang yang menderita penyakit ini, sel darah merah dalam tubuhnya belum sempurnanya hemoglobin. Kasus lain sanggup pula disebabkan lantaran badan seseorang belum sempurnanya darah yang disebabkan operasi, kecelakaan, proses melahirkan, maupun gizi buruk.

4. Hemofili

Penyakit ini ditandai dengan darah yang sukar membeku. Penyakit ini ialah penyakit bawaan/keturunan.

5. Hipertensi

Tanda-tanda penyakit ini, antara lain tekanan darah seseorang naik di atas normal. Coba ingatlah kembali tekanan darah normal pada orang dewasa!

6. Hipotensi

Penyakit ini ialah keadaan yang berlawanan dengan hipertensi, yaitu suatu keadaan di mana tekanan darah seseorang turun di bawah tekanan darah normal.

7. Varises

Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami pelebaran pada pembuluh balik (vena), kebanyakan terdapat pada penggalan kaki atau betis. Penyebabnya ialah pemikiran darah yang tidak lancar. Ini sering dialami oleh seseorang yang banyak melaksanakan kegiatan dengan bangkit dan sering pula dialami perempuan yang sedang hamil.

8. Wasir (Hemoroid)

Tanda-tanda penyakit ini, yaitu adanya pelebaran pembuluh balik (vena) yang terdapat di penggalan dubur. Faktor penggerak biasanya lantaran acara mengejan.

9. Sklerosis

Sklerosis ditandai dengan adanya pengerasan pada pembuluh nadi. Pengerasan ini disebabkan oleh endapan senyawa lemak maupun kapur.

10. Miokarditis

Penyakit ini diakibatkan radang yang terjadi pada otot jantung.

11. Jantung Koroner

Jantung koroner ialah salah satu penyakit yang mematikan. Pada tahun 1976 di Amerika, kasus janjkematian 38% disebabkan lantaran penyakit jantung koroner. Penyakit ini disebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri oleh lemak, sehingga pemikiran darah menuju jantung tidak lancar.

12. Eritroblastosis Fetalis (Penyakit Kuning)

Penyebab penyakit ini ialah rusaknya sel darah merah bayi oleh aglutinin ibunya.

13. Penyakit Kaki Gajah (Elephantiasis)

Penyakit kaki gajah disebabkan lantaran larva cacing filaria. Larva cacing filaria ini masuk ke dalam darah melalui gigitan nyamuk Culex sp. Larva ini kemudian terbawa dalam peredaran darah. Di dalam pembuluh getah bening (limfa) larva akan menetas menjadi cacing. Cacing-cacing tersebut akan menyumbat akses limfa dan menjadikan pecahnya akses limfa. Cairan limfa yang keluar dari akses inilah yang akan mengisi jaenteng di penggalan kaki sehingga kaki menjadi bengkak.

Untuk bahan Biologi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!


Demikianlah bahan tantang Kelainan atau Gangguan pada Sistem Peredaran Darah ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ..

Belum ada Komentar untuk "13 Kelainan Atau Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel