10 Kelainan Atau Penyakit Pada Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan manusia sanggup mengalami gangguan atau kelainan lantaran sebab-sebab tertentu. Kelainan tersebut sanggup disebabkan oleh infeksi kuman, faktor bawaan, ataupun kebiasaan hidup yang salah. Kelainan atau gangguan pada sistem pernapasan manusia, antara lain menyerupai diberikut.

1. Asma

Sebagian besar penyakit asma yaitu penyakit bawaan. Kambuhnya penyakit ini, antara lain lantaran udara kotor, udara dingin, alergi sesuatu benda, ataupun stress. Seseorang yang menderita penyakit ini saat kambuh, otot-otot bronkusnya berkontraksi sehingga akan menjadikan penyempitan jalan masuk pernapasan. Gejala penyakit ini, antara lain susah bernapas, suara napas mendesah, dan batuk-batuk.

2. Sinusitis

Penyakit ini terjadi jawaban peradangan yang terjadi pada sebelah atas rongga hidung (sinus paranasalis). Gejalanya berupa hidung tersumbat, ingus berbau, berwarna kuning hijau, dan sakit di kawasan sinus yang terserang.

3. Renitis

Penyebab penyakit ini, yaitu adanya radang yang terjadi pada rongga hidung. Peradangan tersebut menimbulkan terjadinya abses pada rongga hidung dan mengeluarkan lendir. Peradangan ini sanggup terjadi lantaran alergi terhadap benda tertentu.

4. Bronkitis

Penyakit bronkitis terjadi lantaran adanya radang pada selaput lendir, trakea, dan jalan masuk bronkia. Gejala yang mengiringi penyakit ini, antara lain demam, dada terasa nyeri, dan mengalami batuk.

5. Tonsilitis

Penyebab penyakit ini, yaitu adanya pembengkakan kelenjar limfe di kawasan tekak. Akibat pembengkakan tersebut menimbulkan penyempitan pada jalan masuk pernapasan. Terjadinya pembengkakan dikarenakan infeksi suatu bakteri. Gejala penyakit ini, antara lain demam, tenggorokan nyeri sehingga susah menelan, dan nyeri otot.

6. Tuberculosis (TBC)

TBC termasuk penyakit menular. Penyakit ini disebabkan lantaran basil Mycobacterium tuberculosa. Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami peradangan pada dinding alvelous sehingga difusi O2 akan terganggu.

7. Emfisema

Pada penderita emfisema, pada penggalan alveolus robek, jadinya pertukaran gas ke bagian-bagian alveolus terganggu dan kawasan pertukaran gas menjadi lebih sempit.

8. Difteri

Seseorang yang menderita penyakit ini, pada penggalan laring dan bronkusnya mengalami penyumbatan berupa lendir. Sekresi lendir ini disebabkan oleh basil difteri.

9. Asfiksi

Penyakit asfiksi menjadikan seseorang mengalami gangguan dalam pengangkutan oksigen.

10. Pneumonia


Pada penderita pneumonia penggalan alveolus terisi banyak lendir yang disebabkan terinfeksinya dinding alveolus oleh bakteri.

Untuk materi Biologi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!


Demikianlah bahan tantang 10 Kelainan atau Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "10 Kelainan Atau Penyakit Pada Sistem Pernapasan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel