Sejarah Perkembangan Komputer Bag. 1

Komputer berasal dari kata bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Sejarah komputer tidak lepas dari sejarah alat hitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan setelah tahun 1940. Sekarang, komputer yakni satu perangkat elektronik yang sanggup mendapatkan data masukan, memproses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.

1. Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940
Dahulu, insan memakai jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu sampai sepuluh. Setelah itu, insan mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi masih memakai digit-digit asas dari 0 sampai 9. Sistem bilangan ini disebut bilangan perpuluhan atau desimal. Jari-jari dipakai untuk menambah dan mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam perniagaan barter. Apabila
perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak sanggup menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit.
Sempoa/ Abakus

Perkembangan selanjutnya yakni alat yang dipakai oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani. Mereka memakai abakus (sempoa) untuk melaksanakan operasi matematika (penjumlahan,  pengurangan, perkalian, dan pembagian).

Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada tahun
1642. Mesin ini beroperasi dengan cara menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ilham dalam bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh William Leibnitz.
Mesin hitung Blaise Pascal

Cikal Bakal Komputer
Pada tahun 1816, Charles Babbage menciptakan alat yang disebut ‘the difference engine’. Mesin ini dapat  menuntaskan problem persamaan matematika ibarat logaritma secara mekanik dengan tepat sampai ketepatan dua puluh digit. Mesin ini memakai sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melaksanakan perhitungan secara otomatis, dan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuat
alat yang disebut ‘the analytical engine’. Kedua alat yang dibentuk Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada ketika ini. Semua komputer pada ketika ini memakai model mesin ibarat yang diidekan oleh Babbage, yaitu masukan memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.  


---------------------------------------------------------------
Diambil dari ebook Cerdas dan Terampil Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penulis: Reynold Djuharis Rosul; yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Komputer Bag. 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel