Rangkuman Pengenalan Internet

  • Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. Proyek ARPA (ARPANET) dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer.
  • Internet pertama kali tumbuh di negara Amerika Serikat terutama dari forum penelitian angkatan bersenjata Amerika Serikat. Berbeda dengan Amerika Serikat, Internet di Indonesia lebih banyak tumbuh dari acara masyarakat dan cowok yang menyukai dunia komputer dan terutama bergerak di dunia pendidikan.
  • Internet di Indonesia muncul pada tahun 1990-an.
  • Jaringan Internet pertama di Indonesia berjulukan Paguyuban Network yang mengkaitkan BPPT, UI, ITB memakai teknologi radio paket yang berkecepatan sangat rendah, yakni sekitar 1200 bps. Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan sebagian kecil dari perintis Internet di Indonesia. ISP Pertama di Indonesia ialah IPTEKNET di BPPT. ISP komersial pertama di Indonesia ialah IndoNet yang di ketuai oleh Sanjaya.
  • Indonesia dikenal di Internet dengan top level domain .id. Rahmat M. Samik-Ibrahim dari UI ialah orang yang pertama kali mengelola top level domain .id di Indonesia pada tahun 1993. Indonesia memiliki beberapa sub-domain, yaitu:
    ac.id – universitas
    co.id – komersial
    go.id – pemeritah
    sch.id – sekolah
    web.id – pribadi/personal
    or.id – yayasan, forum non-profit
    net.id – Internet Service Provider
  • Internet abreviasi dari kata interconnection networking, yaitu kekerabatan komputer dengan banyak sekali tipe yang membentuk sistem jaringan yang meliputi seluruh dunia (jaringan komputer global) melalui jalur telekomunikasi ibarat telepon, radio link, satelit, dan sebagainya.
  • Pengaturan integrasi dan komunikasi jaringan komputer memakai protokol TCP/IP.
  • Intranet (intraconnected network) merupakan sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet. Atau sanggup dikatakan intranet merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.
  • Intranet biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan, forum pendidikan, organisasi, dan lain-lain. Contohnya jaringan komputerkomputer PT Telkom seluruh Indonesia
  • Manfaat internet meliputi beberapa bidang antara lain: pendidikan, ekonomi dan bisnis, pemerintahan, sosial keagamaan, dan sebagai sarana bersosialisasi serta sarana hiburan
  • Dampak negatif internet antara lain pornografi, violence and gore, penipuan, carding, dan perjudian.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Pengenalan Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel