Manfaat Internet Di Banyak Sekali Aspek Kehidupan

Internet sebagai suatu teknologi telah tumbuh dan berkembang sedemikian besar sebagai alat isu dan komunikasi. Internet telah memberi banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi penggunanya yang
mencakup banyak sekali kalangan, mulai dari pelajar dan mahasiswa, para pendidik, pengelola perpustakaan, pemerintah, dokter, para investor, dan sebagainya. Hampir semua profesi tersebut sangat dibantu dengan adanya teknologi internet.

1. Manfaat Internet
Dahulu internet hanya sanggup dipakai oleh kalangan tertentu saja dan dengan komponen tertentu pula. Tetapi ketika ini orang yang berada di rumah pun sanggup terhubung ke internet dengan memakai modem dan jaringan telepon. Penggunaan internet telah masuk dalam semua aspek kehidupan menyerupai ekonomi, sosial, keagamaan, bahkan hiburan. 
Berikut beberapa manfaat dari penggunaan internet di beberapa bidang.

a . Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapat banyak acuan keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online. Contohnya: mencar ilmu jarak jauh dengan memakai teleconference internet (e -learning), mencar ilmu jarak jauh memakai layanan situs/ blog menyerupai yang kalian nikmati kini ini, adalah mencar ilmu dan mengerjakan soal secara online melalui blog www.mrmung.com .

b . Bidang Ekonomi dan Bisnis
Di bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce. Dengan adanya e-commerce,  acara perdagangan, jual beli, promosi, dan sebagainya sanggup dilakukan melalui internet tanpa harus bepergian.
Contohnya, kalau kalian ingin membeli buku acuan atau buku teks pelajaran, kalian tidak perlu lagi tiba jauh-jauh ke toko bukunya. Sekarang ada toko buku online yang sanggup kalian kunjungi di internet. Dengan membuka alamat website toko buku yang dimaksud, kalian tinggal mencari buku yang dibutuhkan dan melihat harga yang tercantum, kemudian memesannya. Contoh toko buku online yang sanggup kalian kunjungi
misalnya, http://www.gramedia.online.com, http://www. bukukita.com, htttp://www.buku135.com, dan sebagainya.

c . Bidang Pemerintahan
Di bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah sanggup dengan gampang menunjukkan isu dan layanan kepada masyarakat secara maksimal, dan juga sanggup dipakai untuk saling mempererat kekerabatan pemerintahan antarnegara.
Contoh situs pemerintahan http://www.jakarta.go.id .

d . Bidang Sosial
Internet di bidang sosial sanggup dipakai untuk menunjukkan isu mengenai banyak sekali macam acara sosial yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dan juga sanggup dipakai untuk membantu penggalangan dana untuk acara sosial.

e . Bidang Keagamaan

Internet dalam bidang keagamaan sanggup dipakai untuk sarana diskusi, tanya jawab duduk perkara agama, membuatkan ilmu agama, dan sebagainya.
Contoh: www.nu.or.id , www.eramuslim.com 

f . Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat
Pengguna internet sanggup menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui kemudahan e-mail dan chatting melalui banyak sekali situs yang ada menyerupai www.yahoo.com, www.facebook.com, www.friendster.com, dan sebagainya.

g . Sarana Hiburan
Internet menyediakan banyak kemudahan pilihan menyerupai permainan atau games, musik, video, dunia entertainment, dan sebagainya. Contoh situs hiburan video sanggup membuka situs www.youtube.com

Namun, perlu kalian ingat, bahwa internet tidak hanya menunjukkan isu yang faktual saja, tapi hal-hal negatif juga akan kalian temui dalam internet. Maka, kalian perlu membatasi diri dalam mengenal internet, hal-hal yang faktual saja yang kalian ambil. Hal-hal yang negatif tidak perlu kalian ambil, alasannya dapat  berdampak negatif pada diri kalian sendiri. Ujungnya kerugian yang akan kalian dapat.

Untuk Dampak Negatif Internet sanggup kalian baca pada posting berikutnya.

sumber: bse TIK Sekolah Menengah Pertama Kelas IX (Dhanang Sukmana Adi, Yuliyani Siyamtiningtyas)

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Internet Di Banyak Sekali Aspek Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel