Cara Merawat Burung Cendet

Cara Merawat Burung Cendet – Burung cendet merupakan salah satu satwa indonesia yang banyak ditemukan diarea persawahan. Setahu kami burung cendet tidak hidup bergerombol menyerupai burung kutilang, melainkan lebih banyak sendiri dan bersama pasangannya dalam mencari makan dan hidup sehari-hari. Burung cendet mempunyai kicauan yang lantang, nyaring dan bervariasi bahkan bisa menirukan segala bunyi jenis burung lain yang didengarnya setiap hari. Para kicau mania indonesia aneka macam yang tertarik untuk memelihara atau merawat burung cendet, hal itu dikarenakan burung cendet mempunyai kicauan yang sangat variatif. Selain itu burung cendet juga mempunyai gaya tarung yang atraktif. Dulu ketika burung cendet menjadi burung prima dalam arena perlombaan, harganya bisa menembus sampai jutaan rupiah, namun seiring waktu berlalu dan semakin banyak ditemukan burung kicauan yang dijadikan burung lomba, burung cendet seakan kalah saing dalam dunia kicau perlombaan. Namun kicauan burung cendet yang variatif dan gaya tarungnya yang sangat atraktif sampai sekarang masih menjadi hal yang utama dalam menciptakan para kicau mania tertarik untuk memeliharanya. Namun, menciptakan burung cendet mau berkicau dengan rajin setiap harinya ialah hal yang tidak mudah, melainkan membutuhkan perawatan dan makanannya yang baik dalam setiap prosesnya.

Merawat burung cendet dan menunjukkan kuliner yang baik dalam rawatan hariannya ialah salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk menciptakan burung cendet kesayangan teman kicau menjadi rajin berkicau. Tetapi kami sarankan untuk teman yang memelihara atau merawat burung cendet ataupun burung lainnya, sebaiknya pahami aksara dan kenalilah lebih dalam wacana burung cendet ataupun burung peliharaan lainnya yang teman pelihara sebelum merawatnya lebih lanjut. Hal itu dikarenakan aksara dan kecerdasan burung cendet ataupun burung kicauan yang lainnya berbeda-beda, yang tentunya hal itu akan besar lengan berkuasa terhadap kiacauan dari burung tersebut. Sobat-sobat kicau semua, kali ini kami akan membagikan tips atau cara wacana bagimana merawat burung cendet harian semoga berkicau dengan rajin. Langsung saja simak caranya dibawah.

 Burung cendet merupakan salah satu satwa indonesia yang banyak ditemukan diarea persawaha Cara Merawat Burung Cendet

Cara merawat burung cendet harian semoga rajin berkicau :

1.Pagi hari sekitar pukul 07.00 buka kerodong dan angin-anginkan cendet diteras rumah.
2.Setelah itu sekitar pukul 07.30 pagi mandikan cendet dengan disemprot dari atas sangkar.
3.Setelah dimandikan, berikan jangkrik 3 ekor, tambah atau ganti voer minimal 2 hari sekali.
4.Ganti air minumnnya setiap hari semoga tetap higienis dan sehat.
5.Bersihkan kandang dari kotoran cendet maupun kotoran lainnya setiap hari.
6.Setelah itu angin-anginkan kembali, pukul 08.00 jemur cendet sampai pukul 10.00 pagi.
7.Pukul 10.00 teduhkan cendet dan angin-anginkan di teras dan biarkan berguru berkicau.
8.Untuk cendet yang masih muda, teman bisa menunjukkan bunyi master setiap hari.
9.Untuk cendet yang dijadikan burung lomba, bisa dikerodong sehabis diangin-anginkan siang.
10.Untuk cendet yang dijadikan ocehan, biarkan saja diteras untuk didengarkan kicauannya.
11.Sore hari sekitar pukul 03.00 berikan jangkrik 3 ekor dan angin-anginkan cendet diteras.
12.Setelah kurang lebih 1 jam diangin-anginkan, cendet kembali dikerodong.
13.Untuk burung cendet yang masih muda, bisa dimaster ketika istirahat malam sampai pagi hari.

Pemberian kroto/ulat hongkong sebaiknya seminggu dilakukan 2 kali saja dengan dosis menyesuaikan burung cendet masing-masing  agar burung cendet tidak terlalu over birahi. Untuk cendet yang sudah berusia arif balig cukup akal atau renta sebetulnya masih bisa dimaster dengan bunyi burung lainnya pada ketika cendet tersebut dalam kondisi mabung (ganti bulu). Lakukanlah cara merawat burung cendet diatas dengan rutin dan konsisten semoga burung cendet kesayangan teman kicau semuanya berkicau dengan rajin. Oke itulah warta dan cara merawat burung cendet yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi teman kicau semuanya. Untuk warta burung lainnya dan download bunyi burung silahkan kunjungi situs kami di informasi kicau. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Burung Cendet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel