Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang

Burung sikatan mugimaki atau dalam bahasa Internasionalnya disebut dengan Mugimaki Flycatcher (Ficedula mugimaki). Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 13 cm.Tubuhnya didominasi dengan warna hitam, jingga, dan putih. Pada burung jantan,tubuh bab atas berwarna abu-abu kehitaman; dengan alis putih sempit di belakang mata, dan juga bercak putih pada sayap dan pinggir pangkal ekor. Bagian tenggorokan, dada, dan sisi-perut berwarna jingga. Sementara bab perut-tengah hingga epilog ekor bawah berwarna putih.
Burung sikatan mugimaki atau dalam bahasa Internasionalnya disebut dengan Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang

Sedangkan untuk burung betina,tubuh bab atas berwarna coklat,tubuh bab bawah berwarna sama dengan burung jantan namun lebih muda. Tubuh bab atas burung muda berwarna coklat-polos. Tubuh bab bawah berwarna kuning-tua; dengan bab perut berwarna putih. Iris coklat-tua, paruh abu-abu renta dan kaki kecoklatan.

Burung ini merupakan spesies burung migran di Indonesia yang mempunyai habitat orisinil dan berkembangbiak di Siberia selatan bab tengah dan tenggara, Cina bab timur-laut (Mongolia bab tengah dan Manchuria), Korea bab utara, ujung timur Rusia dan P. Sakhalin; dan pada ketika ekspresi dominan masbodoh burung ini bermigrasi ke Cina bab tenggara (Guangxi, Guangdong, Hainan), Asia Tenggara, Sunda besar, Filiphina.

Di Indonesia,burung ini sering dijumpai di wilayah Sulawesi dan beberapa wilayah lain di Indonesia.Burung ini juga gampang di jumpai di pasar-pasar burung di Pulau Jawa yang dijuluki sebagai Sulingan Kembang atau Jacklin. Suara burung ini seolah-olah dengan bunyi Sikatan emas yang mempunyai nada “trrrr” yang lembut dengan selingan “tii”.

Berikut ini kami ada beberapa audio bunyi burung sikatan mugimaki.Silahkan dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Sulingan Kembang Asli Hutan
  2. Suara Sulingan Kembang Asli Hutan v2
  3. Suara Sikatan Mugimaki Rawatan
  4. Suara Sikatan Mugimaki Rawatan v2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Belum ada Komentar untuk "Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel