Suara Burung Uncuing

Burung uncuing atau burung kedasih merupakan jenis burung benalu yang pemalas sebab selama hidupnya tidak pernah menciptakan sarang. Burung ini berkembang biak dengan cara bertelur,namun tidak pernah mengerami telurnya apalagi merawat anaknya sendiri. Biasanya,telur burung uncuing atau kedasih ini dititipkan pada sarang burung lain,seperti Burung Prenjak, Burung Sikatan dan lainnya dari jenis burung pemakan serangga. Kaprikornus ketika mau bertelur,sepasang burung kedasih akan mencari sasaran sarang burung yang juga mau berkembang biak.

Telur akan dititipkan pada sarang burung tujuan ketika yang punya sarang sedang pergi. Burung yang dititipi telurnya tidak tahu kalau yang dierami yaitu burung kedasih hingga menetas bahkan hingga anakan burung membesar. Lebih kejamnya lagi adalah,si anak kedasih ini juga tidak segan-segan membunuh anak burung aslinya dengan cara menjatuhkannya dari sarang. Kaprikornus nanti si induk burung hanya akan fokus merawat dan memberi makan anakan si burung benalu ini.

 atau burung kedasih merupakan jenis burung benalu yang pemalas sebab selama hidupnya ti Suara Burung Uncuing
Burung kedasih di loloh oleh burung kerakbasi

Pada jaman dahulu atau berdasarkan keyakinan leluhur,burung ini dijadikan sebagai simbol burung mistis. Konon ketika burung ini kerap berkicau pada kawasan tertentu mengambarkan bahwa akan ada orang yang meninggal. Sama halnya menyerupai burung Tuwu. Sekarang mitos-mitos ini sudah luntur,mungkin masih ada beberapa orang yang masih menjadikannya sebagai pengingat.

Namun bagi penghobi burung eksotis dan burung unik,satu spesies dari burung benalu yaitu Burung Tuwu adalah menjadi burung primadona. Warnanya yang hitam mengkilap (burung jantan) dengan mata berwarna merah dan bunyi yang lantang menyebabkan burung ini banyak diburu. Kaprikornus tidak heran kalau burung Tuwu dikala ini harganya mahal. Selain itu juga sebab faktor burung ini yang sifatnya benalu sehingga sangat susah untuk berkembang biak maupun dikembang biakkan. Harus ada burung penolong untuk dititipi telur dari burung benalu ini.

Burung Uncuing atau kedasih atau emprit gantil ini umumnya berbunyi ketika menjelang malam dan malam hari. Suaranya menyerupai kuntilanak yang terdengar menyerupai kata "wik wik wik wik". Namun kalau burung ini sudah dipelihara atau rawatan dari lolohan,burung ini juga akan rajin berkicau tidak kenal waktu,entah itu pagi,siang, sore ataupun malam.

Berikut kami update untuk bunyi burung uncuing atau burung kedasih. Silahkan dengarkan suaranya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Belum ada Komentar untuk "Suara Burung Uncuing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel