Menjaga Aksara Dan Mental Cendet Yang Gres Dibeli

Namun tidak sedikit pemula yang mengeluhkan cendet yang gres dibelinya ternyata berubah sifat dan karakternya. Misalnya, ketika dipantau rajin bunyi, setiba di rumah menjadi jarang bunyi.

Umumnya setiap burung yang gres dibeli, baik dari kios / pasar burung maupun take-over dari rekan, cenderung mengalami apa yang disebut stres lingkungan. Dibutuhkan waktu beberapa hari bagi burung untuk sanggup mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya.

Berikut ini beberapa tips untuk mempercepat proses adaptasi, sekaligus menjaga abjad dan mental cendet yang dibeli.


Ketika membeli cendet di kios / pasar burung, biasanya pedagang menawarkan wadah berupa besek atau kantong semen untuk membawa burung tersebut. Karena itu, sebelum hunting cendet, sebaiknya Anda menyiapkan kandang harian yang nanti sanggup dipakai bila burung sudah hingga di rumah.

Sangkar dicuci dulu dengan air hingga bersih. Lebih dianjurkan lagi kalau dibilas memakai FreshAves (5 gram serbuk Fresh Aves dilarutkan dalam 1 liter air). Tindakan preventif ini diharapkan untuk mencegah bakteri, jamur, dan benalu (tungau, kutu, cacing) yang kemungkinan melekat pada badan cendet selama berada di pasar burung.

Begitu datang di rumah, pindahkan cendet yang gres dibeli ke dalam kandang yang sudah disiapkan. Setelah itu berikan pakan dan air minum yang bersih. Untuk mencegah stres pada tahap awal adaptasinya, Anda sanggup melarutkan Bird First Aid (BFA) ke dalam air minumnya selama 4-7 hari.

Selain itu, masukkan 2 ekor jangkrik ke dalam cepuk pakannya. Jangan berikan jangkrik memakai tangan kita, terutama untuk burung yang gres dibeli. Setelah itu, gantang sangkarnya di daerah sejuk, baik dikerodong maupun tidak (tergantung ramai-tidaknya suasana di sekitar rumah Anda).

Note: Anda juga sanggup membawa kandang harian dari rumah. Begitu terjadi transaksi di pasar / kios burung, cendet sanggup eksklusif dipindahkan ke dalam kandang tersebut. Namun, kandang juga harus dibersihkan dulu.

Kalau cendet sudah berada di rumah selama 1 minggu, silakan cek apakah burung sudah nagen di atas tangkringan, tidak bandel / salton. Kalau memang sudah anteng, sebaiknya tenggeran yang ada dalam kandang dipertahankan. Ini untuk menjaga biar abjad dan mentalnya tidak berubah,

Pasalnya, tenggeran dianggap nyaman oleh burung sehingga beliau betah nangkring di atasnya. Dalam beberapa kasus, perubahan abjad dan gaya bertarung pada cendet muncul ketika ia dipindah ke kandang gres dan memakai tenggeran gres pula.

Untuk mempercepat bunyi, cendet sanggup menjalani terapi mandi malam. Ini dilakukan sehari sesudah burung datang di rumah. Setelah itu berikan kroto (1 sendok teh) dan 1 ekor jangkrik ketika burung dikeringkan dalam ruangan dengan cahaya terang. Selanjutnya dikerodong, dan biarkan cendet beristirahat hingga esok harinya.

Hal lain yang sanggup mempercepat cendet suara yaitu menawarkan voer dengan kadar protein tinggi, atau berikan tahu sebagai pakan tambahan, pada waktu burung diembunkan. Setelah matahari terbit dan cendet dijemur, pakan voer sanggup diganti dengan yang biasa.

Menjaga abjad dan mental cendet yang gres dibeli juga sanggup dilakukan dengan rutin memandikannya pada pagi dan sore hari. Selain itu, untuk mencegah stres, sebaiknya durasi penjemuran tidak lebih dari 2 jam.

Selama masa adaptasi, cendet harus rutin mendapat pakan berkadar protein tinggi ibarat jangkrik, belalang, ulat hongkong, atau kroto setiap harinya.

Setelah burung sanggup beradaptasi, yang terlihat dari sikap yang anteng, tidak gelisah, dan mulai rajin berbunyi, maka perawatan harian sanggup mulai diterapkan. Perawatan harian ini diubahsuaikan dengan abjad cendet. Jika Anda membelinya dari rekan, sebaiknya tanyakan setelan hariannya.

Itulah beberapa cara menjaga abjad cendet yang gres dibeli biar tetap rajin berbunyi, tidak bandel / salto, serta punya mental yang lebih baik daripada sebelumnya.

Semoga bermanfaat.

Sumber : www.omkicau.com

Belum ada Komentar untuk "Menjaga Aksara Dan Mental Cendet Yang Gres Dibeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel