Tips Merawat Burung Kenari Mabung

Tips Merawat Burung Kenari Mabung, Banyak para Kenari Mania yang kebingungan perihal apa yang menimpa burung kenarinya, tiba-tiba saja macet bunyi dan banyak lepas bulu, sering pengetahuan yang kurang mumpuni menjadi penyebab utama gagalnya memelihara kenari, bekerjsama kenari ini sangat gampang perawatanya ,apalagi kalau anda seorang Kenari Mania sejati pastinya anda akan berusaha sebisa mungkin untuk merawat kenari anda, terutama dengan sering membahas duduk perkara kenari dengan klub burung kenari, atau mengikuti grup tertentu, duduk perkara yang sering dikeluhkan disini ialah mengenai kenari mabung, sebelum kita mengetahui cara perawatannya marilah kita simak terlebih dahulu perihal ciri kenari mabung, berikut penjelasannya.

 Ciri-ciri Kenari Yang Mengalami Mabung
  • Kebanyakan dari kenari yang mabung akan mengalami macet, alias malas berkicau, biasanya kenari tesebut berkicau nyaring kini malah lebih banyak membisu , itu ciri-ciri sedang mabung, terkadang oleh pemiliknya saat-saat tersebut dipakai untuk mereset suaranya yaitu dengan melaksanakan pemasteran.
  • Mbrodol wulu atau rontok bulu dalam istilah bahasa jawa, kenari yang mabung akan mengalami pergantian bulu, dimana bulu usang akan rontok dan diganti dengan tumbuhnya bulu baru, untuk masa mabung harus ekstra diperhatikan alasannya ialah dikala masa ini kenari jadi semakin rentan.
Cara Merawat Burung Kenari Mabung
  1. Full Krodong : Kenari yang mabung lebih baik anda tempatkan dilokasi yang relatif sepi dan kondusif , alasannya ialah kesensitifannya ini kenari yang mabung membutuhkan ketenangan , alasannya ialah proses mabungnya ini butuh konsentrasi bagi kenari semoga masa mabungnya cepat dilewati, apabila ini tidak dilakukan dapat jadi kenari mabung akan mengalami stress dan rentan penyakit
  2. Berikan porsi Sayuran dan Buah-buahan yang agak banyak : alasannya ialah pada masa mabung burung kenari membutuhkan asupan energi dan nutrisi yang lebih banyak ,oleh alasannya ialah itu berikan juga adonan vitamin kedalam air minumnya, alasannya ialah sangat besar lengan berkuasa bagi pertumbuhan bulu barunya.
  3. Kurangi Jatah Mandinya : Kenari yang mabung dapat anda mandikan cukup seminggu sekali, penjemuran setiap hari dengan durasi 30 menit, jangan lebih alasannya ialah kenari yang mabung ini juga membutuhkan kelembaban. dapat anda semprot sangkarnya semoga tetap lembab
Selain Perawatan dan ciri-ciri diatas masih ada hal yang  perlu kita ketahui perihal mabungnya burung kenari kita, yaitu Faktor-faktornya berikut ialah faktor yang mempengaruhi kenari mabung :

Faktor Yang Mempengaruhi Kenari Mabung
  1. Faktor Umur : Kenari yang masih muda akan mengalami proses yang lebih usang , sedangkan kenari yang sudah remaja dapat jadi mabungnya lebih cepat alasannya ialah sudah mengalaminya dahulu
  2. Faktor Alam : Kenari yang mabung dapat jadi alasannya ialah cuaca ekstrim yang terjadi sehingga  mengharuskan kenari untuk ganti bulu.
  3. Faktor Musiman : biasanya hal ini terjadi serempak, dalam satu rumah peternak , kenari mabung bersamaan, dapat jadi ini alasannya ialah waktu atau mungkin juga alasannya ialah wabah.
  4. Faktor Hormon : Saat kenari birahi dapat saja akan mengalami tingkat hormon yang tidak stabil sehingga kenari menjadi mabung.
Pakan Khusus Kenari Mabung 



Untuk Perawatannya anda dapat memperlihatkan pakan khusus yaitu :
  • Kecambah
  • Telur rebus
  • Sayuran segar
  • Buah-buahan segar
  • Vitamin
 
 Waktu Rata-Rata Kenari Mabung 

untuk waktunya berkisar 4-7 mingguan , namun ada juga yang mengalaminya lebih usang alasannya ialah faktor bawaan, untuk itu berikan asupan nutrisi yang bagus, kalau ingin mengatasi kenari mabung usang silahkan baca : Faktor kenari mabung usang dan cara mengatasinya


Dampak faktual kenari mabung : dapat mendapat masteran yang diinginkan
Dampak negatif kenari mabung : kenari rentan penyakit, macet bunyi dan butuh perawatan ekstra.

Demikianlah Tips Merawat Burung Kenari Mabung semoga bermanfaat, salam KN Mania Nusantara.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Burung Kenari Mabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel